Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Arsitektur Lanskap: Profesi yang Menawarkan Potensi Gaji Tinggi

 

Menjadi seorang arsitek dari bidang arsitektur lanskap merupakan sebuah profesi yang membanggakan dan menawarkan potensi gaji yang tinggi. Memiliki pekerjaan yang bergengsi dan menawarkan peluang penghasilan tinggi adalah impian banyak orang. Salah satunya, jadi arsitek lanskap.

Gelar sarjana arsitektur lanskap adalah S. Ars (sarjana arsitektur). Sedangkan gelar S2nya adalah M. Ars (magister arsitektur).

Apa itu jurusan arsitektur lanskap? Yuk, simak pembahasannya dalam artikel ini.

Apa Itu Arsitektur Lanskap?

Wikipedia Indonesia mendefinisikan arsitektur lanskap sebagai ilmu yang mempelajari seni perencanaan, manajemen perawatan, perbaikan tanah dan perancangan konstruksi buatan manusia dalam skala besar.

Garrett Eckbo mendefinisikan arsitektur lanskap dalam buku Architecture For Living sebagai berikut: " Arsitektur lanskap adalah bagian dari kawasan yang dibangun dan dibentuk manusia di luar bangunan jalan utilitas hingga ke alam bebas dirancang sebagai ruang dengan fungsi untuk tempat tinggal manusia".

Menurut Hubbard dan theodora kimball dalam an Introduction to the Study of landscape Design menjelaskan bahwa arsitektur lanskap merupakan seni yang berfungsi menciptakan keindahan lingkungan sekitar tempat hidup manusia untuk meningkatkan kenyamanan, kemudahan, kesehatan penduduk perkotaan yang sibuk sehari-hari. 

Jadi, tujuan utamanya untuk menghadirkan penyegaran.

Baca Juga: Pengertian Arsitektur, Sejarah, Jenis, Unsur dan Fungsi

Desain Arsitektur Lanskap

Rumah atau bangunan yang didesain menggunakan desain arsitektur lengkap, penataan yang bagus, sistematis, memiliki lingkungan taman hijau, pepohonan yang rindang, rerumputan dan bunga yang indah. Tersedia juga kolam dan aneka ragam hayati berupa flora fauna yang hidup di dalamnya.

Rumah yang memiliki desain arsitektur lanskap mampu meningkatkan kualitas hidup, kenyamanan, kesehatan dan kebahagiaan orang yang hidup di dalamnya.

Kuliah Jurusan Arsitektur Lanskap

Agar memiliki skill pengetahuan dan pengalaman tentang perencanaan tata ruang yang kredibel dan teruji, Anda perlu mengambil kuliah di jurusan arsitektur lanskap. 

Jurusan arsitektur lengkap adalah salah satu jurusan universitas yang mencetak lulusan kampus yang mempunyai skill arsitektur lanskap. Ilmu ini terdiri dari berbagai macam disiplin ilmu yang saling terkait satu sama lainnya. Mulai dari ilmu tanaman, teknik dan ilmu seni.

Secara umum, jurusan ini biasa didefinisikan sebagai jurusan tata taman dan ruang terbuka. Jadi, bila Anda punya minat dan ketertarikan pada dunia seni, tata kelola dan teknik, Anda sangat cocok mengambil kuliah jurusan ini.

Kalau Anda adalah seorang remaja yang memiliki ketekunan, ketelitian, rasionalitas dan daya kritis, Anda cocok mengikuti perkuliahan di jurusan ini.

Prospek Kerja Arsitektur Lanskap

Sebelum mantap dan memutuskan sebuah jurusan kuliah tentu, Anda tentu mencari informasi apa prospek kerja setelah lulus dari perkuliahan kampus. Sebenarnya, prospek kerja arsitektur lanskap cukup menjanjikan. 

Dalam praktiknya, seorang arsitek lanskap punya andil besar untuk membentuk tata kota yang indah dan baik.

Apa prospek kerja arsitektur lanskap? Lulusan arsitektur lanskap berpeluang masuk ke perusahaan sebagai konsultan, developer, kontraktor dan perusahaan properti. 

Bukan hanya itu, berbagai instansi pemerintah, dinas pekerjaan umum serta badan perencanaan pembangunan daerah juga sangat membutuhkan orang yang ahli di bidang arsitektur lanskap.

Berapa Gaji Arsitektur Lanskap?



Sebagai salah satu jurusan bergengsi, arsitektur lanskap memiliki potensi gaji yang lumayan besar. Berapa gaji arsitektur lanskap? Lagi-lagi, potensi besaran gaji tergantung tempat Anda bekerja. 

Potensi besaran gaji arsitek pertama arsitektur lanskap mulai dari Rp2.829.490 hingga Rp9.913.553 / bulan.

Tentu, potensi besaran gaji ini akan terus naik seiring dengan keahlian skill dan performa kerja Anda.

Penutup

Arsitektur lanskap menjadi salah satu jurusan favorit banyak mahasiswa baru. Tentu, pilihan mereka memiliki alasan yang kuat dan masuk akal. Salah satunya, seorang arsitek lanskap berpotensi masuk ke perusahaan bonafit dan mendapatkan gaji yang lumayan tinggi.


Posting Komentar untuk "Arsitektur Lanskap: Profesi yang Menawarkan Potensi Gaji Tinggi"