Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Softfile Excel RAB AHSP Terbaru

Dalam pelaksanaan proyek konstruksi, memperkirakan jumlah biaya yang dibutuhkan sangatlah penting. Untuk itu, diperlukan suatu analisa biaya yang seringkali disebut dengan Analisa Harga Satuan Pekerjaan. Anda juga perlu download softfile excel RAB Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) terbaru sebelum memulai perhitungan.

Apa Itu Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP)

AHSP merupakan suatu cara perhitungan harga satuan dari kebutuhan pekerjaan konstruksi yang dijabarkan dalam perkalian. Adapun berbagai kebutuhan yang dimaksud mulai dari bahan bangunan, upah pekerja, sampai dengan harga sewa maupun beli dari berbagai peralatan.

Besarnya harga satuan upah maupun alat yang dihitung tergantung pada tingkat produktivitas pekerja dalam menyelesaikan pekerjaan. Penentuannya tergantung dari perhitungan kebutuhan spesifikasi bahan material maupun setiap jenis pekerjaan.

Dalam peraturan Menteri PUPR Nomor 1 tahun 2022 tentang Pedoman Penyusunan Perkiraan Biaya Pekerjaan Konstruksi Bidang Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, terdapat beberapa jenis AHSP yang dapat digunakan.

Mulai dari AHSP bidang umum, bidang sumber daya air, bidang bina marga, serta bidang cipta karya dan perumahan. Masing-masing jenis tersebut tentu memiliki kegunaan dan perhitungan yang berbeda-beda sesuai dengan peraturan yang ada.

Dalam hal AHSP yang belum terdapat bidangnya tersebut, penyusunan harga satuan pekerjaan akan dilakukan dengan menggunakan AHSP pada kelompok bidangnya, referensi lain sesuai standar nasional Indonesia (SNI), serta perhitungan teknis dan Analisa produktivitas berdasarkan kaidah teknis yang disetujui oleh pimpinan tinggi madya dan unit organisasi yang membidanginya.

Untuk dapat menghitung berbagai kebutuhan tersebut, diperlukan suatu aplikasi atau soft file rencana anggaran. Anda dapat menggunakan soft file yang dibuat sendiri, namun pastikan untuk selalu menyesuaikan dengan standar yang telah ditetapkan.

Tips Download Soft File Excel RAB AHSP

Apabila tidak ingin repot, Anda dapat menggunakan template download softfile excel RAB Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) terbaru. Saat ini ada banyak situs yang menyediakan soft file tersebut, namun tidak semuanya dapat dipilih. Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

1. Pilih dari situs terpercaya

Langkah pertama, tentu memilih soft file dari situs yang sudah terpercaya. Akan lebih baik jika Anda mengecek kembali apakah situs yang diakses merupakan situs yang memang concern terhadap dunia pekerjaan konstruksi.

Situs yang terpercaya juga akan senantiasa memberikan informasi yang lengkap sesuai dengan kebutuhan dan ilmu pekerjaan konstruksi. Dengan demikian, Anda juga akan mendapat berbagai informasi tambahan dan mendalam mengenai konstruksi yang akan dilakukan nantinya.

2. Format yang memenuhi standar

Dalam menghitung AHSP, sangat diperlukan oleh angka-angka yang tepat untuk menunjukkan nilai satuan sebagai acuan perencanaan dan pengendalian biaya. Tentunya, hal tersebut harus tertuang dalam soft file Excel RAB yang akan digunakan.

Meskipun beberapa situs menyediakan file Excel dengan bentuk yang berbeda-beda, namun pastikan Anda memilih file dengan format dan isi yang memenuhi standar dari peraturan Menteri PUPR mengenai AHSP tersebut.

3. Sesuaikan dengan kebutuhan

Seperti yang sudah diketahui, AHSP sendiri terdiri dari beberapa jenis. Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda menyesuaikan kembali penyusunan analisa perhitungan dengan menyesuaikan jenis AHSP yang telah disampaikan. Dengan begitu, perhitungan juga akan lebih mudah sesuai dengan standar.

Itulah beberapa pengertian dan tips download softfile excel RAB Analisa Harga Satuan Pekerjaan (AHSP) terbaru. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi Anda untuk dapat menghitung kebutuhan biaya proyek yang saat ini dijalankan. Silakan dicoba!

Bagi teman-teman yang ingin mendownload file excel RAB terbaru, bisa klik link di bawah ini


6 komentar untuk "Download Softfile Excel RAB AHSP Terbaru"