Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Menggunakan Luas Atap dan Pondasi

Menghitung kebutuhan akan genteng bukanlah suatu perkara yang mudah, jika perhitungan salah dilakukan maka bisa rugi materi dan waktu. Maka cara menghitung kebutuhan genteng secara tepat perlu dilakukan dengan benar.

Perhitungan akan kebutuhan genteng perlu untuk dilakukan. Hal ini tidak hanya untuk mengetahui mengenai berapa jumlah genteng yang dibutuhkan namun juga mempertimbangkan masalah jenisnya.

Hal yang perlu untuk dihindari saat membeli genteng yaitu membeli dengan jumlah yang kurang namun membeli sedikit lebih banyak justru akan disarankan.

Rumus Menghitung Kebutuhan Genteng

Supaya kalian mengetahui soal jumlah genteng yang diperlukan, maka berikut adalah cara perhitungan yang bisa dilakukan.

Menghitung Kebutuhan dari Luas Atap

Menghitung kebutuhan berdasarkan luas atap tergolong mudah, contohnya pembangunan rumah mempunyai luas atas sebesar 10 x 9 m = 90 m2.
Melalui luas tadi selanjutnya akan dikalikan memakai dua sis atap sehingga total luasnya yaitu 180 m2. Total luas tadi dapat dijadikan aduan di dalam membeli genteng rumah yang disesuaikan dengan jumlahnya.
Sebagai contoh untuk 1 m2 genteng berisikan 25 buah maka perhitungannya yaitu 180 x 25 = 4.500 genteng. Walaupun bisa memperoleh angka yang tergolong akurat namun disarankan melebihkan genteng untuk antisipasi jika ada kerusakan ataupun kebocoran.

Menghitung Kebutuhan dari Panjang serta Lebar Pondasi

Tidak hanya melakukan perhitungan berdasarkan luas atap namun juga bisa melakukan perhitungan menggunakan panjang serta lebar fondasi rumah.
Namun jika kalian memakai cara ini maka tambahkan 1 m ataupun lebih panjang serta lebar bangunan guna mengantisipasi terjadinya kerusakan.
Sebagai contoh perhitungan pada sebuah rumah dengan panjang 9 m serta lebar 7 m, perhitungannya dilakukan dengan menambahkan 1 m jadi 10 x 8 m = 80 m2.
Jumlah luas yang diperoleh selanjutnya dikalikan 35 hingga 80 x 35 = 2.800 buah dan perhitungan tadi hanya diperuntukkan pada bagian inti rumah.
Jika terdapat bagian balkon atau teras yang ingin diberikan genteng, selanjutnya ulangi perhitungan tadi memakai ukuran panjang serta lebar yang sudah disesuaikan.

Tips Membeli Genteng Berkualitas

Setelah mengetahui cara menghitung kebutuhan genteng maka informasi lain yang bisa diketahui yaitu tips membeli genteng berkualitas dan berikut adalah tipsnya.

Sesuaikan Budget

Sesuaikan dengan bujet yang dimiliki adalah tips pertama yang penting. untuk menyesuaikannya maka pilih jenis genteng yang memang sesuai dengan kebutuhan rumah. walaupun begitu perhatikan juga nilai estetika genteng yang dipilih.

Sesuaikan Kekuatan dari Rangka Rumah

Berbagai jenis genteng yang tersedia tentunya mempunyai karakteristik yang berbeda. Supaya kalian menjadi lebih mudah dalam memilih maka sesuaikan jenis gentengnya dengan kekuatan dari rangka rumah.
Sebagai contoh ketika mempunyai rangka rumah berkekuatan standar, sebaiknya pertimbangkan dalam pemilihan gentengnya memakai jenis yang cenderung ringan.

Perhatikan Kondisi Genteng

Ketika memilih genteng ada baiknya kalian cermat di dalam memperhatikan kondisi genteng yang akan dibeli. Perhatikan juga permukaan gentengnya dan usahakan memilih genteng dengan permukaan mulus tanpa adanya retakan.

Cek Genteng dengan Mengetuk-ngetuknya

Cara termudah guna memastikan kualitas dari genteng yaitu mengetuk-ngetuk genteng tadi. Namun cara tersebut hanya bisa berlaku bagi beberapa jenis genteng saja seperti tanah liat. Usahakan memilih genteng yang tidak menghasilkan suara keras.

Itulah informasi terkait cara menghitung kebutuhan genteng dan juga tips memilih genteng berkualitas. Setelah mengetahui informasi di atas diharapkan kalian tidak kesulitan melakukan perhitungan dan memilih genteng berkualitas.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Kebutuhan Genteng Menggunakan Luas Atap dan Pondasi"