Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Volume Pasang Batu Drainase Tipe U dan Trapesium

 

Drainase digunakan untuk pembuangan massa air entah itu secara buatan ataupun alami yang berada pada bagian permukaan maupun bagian bawah permukaan suatu tempat. Jika tertarik membuatnya maka cara menghitung volume pasangan batu drainase perlu untuk diketahui.

Tentunya perhitungan perlu dilakukan sedari awal sejak volume maupun luas bidang pekerjaannya, kebutuhan material sampai dengan ongkos jasa pengerjaan.

Rumus Menghitung Volume Untuk Pekerjaan Drainase

Untuk rumus dari perhitungan volume pekerjaan tadi ada dua jenis rumus yang bisa kalian ketahui untuk tipe U dan trapesium seperti berikut ini.

Tipe U= Volume = P (panjang) x L (lebar) x T (tinggi).
Tipe Trapesium = Volume = ((L. Atas + L. Bawah) ÷ 2) x T) x P

Cara Menghitung Volume Untuk Pekerjaan Drainase

Informasi di atas sudah dijelaskan dengan lengkap mengenai rumus perhitungan akan volume pekerjaan drainase untuk seluruh jenis-jenisnya. Sebenarnya secara garis besar untuk perhitungan volume drainase tadi serupa dengan perhitungan volume pada fondasi batu kali.

Untuk memudahkan kalian memahami inilah contoh cara menghitung volume pasangan batu drainase tipe U. sistem drainase yang akan dibuat memiliki panjang saluran 30 meter, lebar atas 0.5 meter dan kedalaman 0.5 meter maka cara perhitungannya yaitu.

Diketahui

Panjang (P)= 30 meter.
Lebar atas (L)= 0.5 meter.
Kedalaman ataupun tinggi (T)= 0.5 meter.

Perhitungan:

Volume drainase= P x L x T
30 x 0.5 x 0.5 = 7.5 m3

Jadi bisa diketahui untuk volume maupun luas total pekerjaan ataupun volume galian tanahnya memiliki ukuran 30 m x 0.5 m x 0.5 m yakni kurang lebih 7.5 m3. Perlu diingatkan lagi jika contoh perhitungan di atas diperuntukkan untuk drainase dengan tipe U.

Tidak hanya melakukan perhitungan volume pekerjaan untuk tanah drainase, tentunya kalian juga perlu mengerti mengenai kebutuhan akan materialnya seperti papan mal bekisting, beton cor, pasir, dan plesteran. Berikut ini adalah cara perhitungannya yang bisa kalian lakukan.

Pekerjaan Papan Mal Bekisting Untuk 2 Sisi

Volume papan mal: 2 x (P x L) = 2 x (30 m x 0.5 m) = 30 m2

Pekerjaan Pasir Lantai Drainase

Volume pasir lantai: P x L x T = 30 m x 0.5 m x 0.02 m = 0,3 m3.

Pekerjaan Beton Cor Untuk Dinding Drainase 2 Sisi

Volume beton cor: 2 x (P x L x T)= 2 x (30 m x 0.5 m x 0.1 m) = 3m3

Pekerjaan Beton Cor Untuk Lantai Drainase

Volume beton cor: Panjang x Lebar x Tinggi= 30 m x 0.4 m x 0.1 m = 1.2 m3.

Pekerjaan Plesteran Semen Untuk Dinding Drainase 2 Sisi

Volume dinding plesteran: 2 x (P x L)= 2 x (30 m x 0.4 m) = 24 m2.

Jadi itulah informasi secara lengkap mengenai cara menghitung volume dari pekerjaan drainase. Namun untuk informasi lebih lengkapnya mengenai total kebutuhan maka dapat membuat RAB (Rencana Anggaran Biaya) pekerjaan drainase. Jika kalian belum mengetahui caranya maka pelajari dulu cara pembuatannya.

Jadi itulah cara menghitung volume pasangan batu drainase yang bisa kalian ketahui. Melalui cara perhitungan di atas sesuaikan saja dengan tipe drainase yang akan digunakan. Tentunya beda drainase tipe trapesium ataupun U beda pula cara perhitungan yang dilakukan.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Volume Pasang Batu Drainase Tipe U dan Trapesium"