Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Arsitektur Modern: Desain Bangunan yang Mewah dan Glamor

Beberapa waktu terakhir mulai muncul dan populer arsitektur modern di Indonesia. Ini fenomena bagus yang menunjukkan kemajuan desain dan arsitektur dalam negeri. Semakin maju sebuah negara, tentu banyak desain dan arsitektur bangunan yang unik, mewah dan glamor.

Perkembangan teknologi dan pengetahuan manusia juga berdampak positif pada desain dan arsitektur bangunan dan rumah hunian. Rumah hunian jadi nyaman, menambah rasa tenang dan menumbuhkan perasaan bahagia dari dalam jiwa penghuninya.

Siapa bapak arsitektur modern? Bapak arsitektur modern adalah Ludwig Mies van der Rohe. Ludwig Mies van der Rohe adalah orang yang pertama kali mengenalkan konsep interior minimalis yang lagi trend saat ini. slogan uniknya yang terkenal adalah “less is more”.

Penasaran, apa yang dimaksud dengan arsitektur modern? Simak pembahasannya dalam artikel ini.

Pengertian Arsitektur Modern

Arsitektur modern merupakan konsep bangunan yang lebih mengutamakan bentuk daripada ornamen hiasannya. Ada banyak jenis arsitektur modern.  Konsep yang paling populer saat ini adalah konsep modern tropis dan minimalis

Dalam arsitektur modern  minimalis lebih menekankan konsep fungsional rumah untuk memenuhi kebutuhan semua penghuninya.

Desain bangunannya hanya memenuhi kebutuhan dasar sehingga tampak sangat simpel namun tetap elegan.

Baca Juga: Pengertian Arsitektur, Sejarah, Jenis, Unsur dan Fungsi

Konsep Arsitektur Modern



Arsitektur modern memiliki konsep fungsional dan efisiensi. Konsep fungsional artinya sebuah bangunan mampu mewadahi dan memfasilitasi seluruh aktivitas penghuninya. 

Sedangkan efisiensi adalah sebuah bangunan mampu menerapkan efisiensi ke berbagai hal. Mulai dari efisiensi biaya, waktu pengerjaan dan proses pemeliharaan (maintenance).

Konsep arsitektur modern lahir dari kemajuan teknologi sehingga manusia memilih sesuatu yang jauh lebih ekonomis, bagus, mudah dan efisien.

Ciri Ciri Arsitektur Modern

Ada beberapa ciri arsitektur modern yang sangat prinsip yang menjadi pembeda utama antara arsitektur ini dengan arsitektur yang lainnya. Inilah beberapa ciri khas arsitektur modern:

1. Minim Ornamen Dan Dekorasi

Arsitektur modern sangat minim penggunaan ornamen dan dekorasi. Tentu, ini berseberangan dengan arsitektur tradisional yang banyak menggunakan ornamen, dekorasi dan motif.  Dalam arsitektur modern, ornamen bukan bagian penting dari sebuah desain rumah modernis yang sering digunakan.

2. Model Bangunan Kotak

Bangunan pada arsitektur ini bentuknya menerapkan garis vertikal dan horizontal, biasa kita kenal dengan model bangunan kotak.

Rumah Arsitektur Modern

Desain rumah arsitektur modern memiliki inspirasi dari arsitektur terkemuka di dunia. Apa saja gaya arsitektur? Inilah beberapa gaya arsitektur modern yang berkembang saat ini:

1. Nook Residence

Bangunan ini jadi tempat tinggal umum di daerah Kanada, tepatnya di daerah Masonville. Rumah ini tampak sederhana, indah dan berwibawa. Bangunannya berwarna putih sehingga cocok dengan warna salju yang mengelilingi rumah ini.

2. Rumah Guazuma

Desain rumah modern ini terletak di Meksiko, tepatnya di Tabasco. Bangunan ini tampak seperti sebuah paviliun yang terkoneksi dengan daerah yang ada di luar sehingga tampak memukau dan indah. Umumnya rumah ini memiliki pintu geser, ruang terbuka sehingga tampak asri dan memesona.

3. Flexhouse

Desain rumah modern luar biasa ini ada di Swiss. Model rumah ini memiliki garis lengkung yang fleksibel, singkat, unik dan menarik. Desain rumah ini umumnya memiliki 3 lantai. Rumah ini sangat cocok dihuni oleh 3 hingga 5 anggota keluarga. Desain rumah ini sangat cocok untuk lahan yang sangat terbatas.

4. Dilido House

Rumah modern ini terletak di kota Miami. Desain rumah ini pertama kali dicetuskan oleh Gabriela Caicedo-Liebert. Bangunan ini terdiri dari dua lantai yang tampak mengkilap layaknya bangunan resort. Bangunan rumahnya tampak indah karena dikelilingi oleh tanaman hiasan di sekelilingnya

Penutup

Rumah dan bangunan dengan arsitektur modern terus bertumbuh dan terus bermunculan. Ini sebagai tanda kemajuan dunia desain dan arsitektur. Desain-desain rumah ramah lingkungan ini adalah hasil dari kreativitas sarjana arsitektur yang telah mencurahkan gagasan dan pemikirannya untuk kenyamanan dan kebahagiaan manusia.


Posting Komentar untuk "Mengenal Arsitektur Modern: Desain Bangunan yang Mewah dan Glamor"