Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Arsitektur Tropis: Desain Rumah yang Anggun dan Menawan

Desain rumah arsitektur tropis banyak digunakan di wilayah tropis. Salah satunya di Indonesia. Rumah ini memiliki desain yang sesuai dengan iklim tropis sehingga menambah suasana nyaman dan menyenangkan bagi penghuninya. Mencari desain rumah, tentu tujuannya menciptakan kenyamanan penghuninya.

Apa yang dimaksud arsitektur tropis? Artikel ini akan membahas pengertian, ciri ciri, bahan material dan contoh desain rmah dan bangunan yang menggunakan konsep tropis.

Pengertian Arsitektur Tropis

Apa yang dimaksud arsitektur tropis? Arsitektur tropis adalah gaya arsitektur yang berkembang sesuai dengan gaya khusus yang mampu beradaptasi dengan bangunan sehingga menjadi lebih baik sesuai dengan iklim tropis dan semua karakteristiknya.

Unsur kata tropis adalah sebuah gambaran dari kondisi daerah yang memiliki 2 musim, yaitu musim hujan dan kemarau. Biasanya wilayah tropis terletak berdekatan dengan daerah garis-garis khatulistiwa. 

Salah satu negara yang iklim tropisnya bagus adalah Indonesia. Sehingga tak heran banyak kita temukan bangunan tradisional yang menunjukkan ciri khas arsitektur tropis di Indonesia.

Pelajari Juga: Pengertian Arsitektur, Sejarah, Jenis, Unsur dan Fungsi

Ciri ciri Arsitektur Tropis

Arsitektur tropis merupakan jawaban atas perbedaan iklim pada suatu daerah. Ciri arsitektur tropis terdapat pada konsep bangunan sebagai berikut:

  1. Teras beratap yang mampu mencegah terjadinya radiasi langsung

  2. Jendela berukuran tak terlalu besar yang terlindungi gorden

  3. Terdapat overstek pada bangunan. Fungsinya mencegah terjadinya silau dan tambias

  4. Atapnya berbentuk miring. Fungsinya untuk mencegah panas dan radiasi matahari

  5. Daun jendela mengarah ke arah utara atau selatan

  6. Umumnya bangunan rumah memiliki warna terang untuk mencegah panas yang berlebihan

  7. Mendominasi material lokal

  8. Terdapat vegetasi bangunan sebagai peneduh di siang hari

Material Arsitektur Tropis

Bangunan atau rumah dengan konsep arsitektur tropis biasanya memiliki material arsitektur tropis yang bahan utamanya terdiri dari material lokal. Di antaranya adalah:

1. Kayu

Desain arsitektur tropis banyak menggunakan bahan kayu. Bahan utama kayu ini membuat rumah jadi tampak klasik dan unik. Kayu memiliki serat dan pola yang teratur sehingga membuat rumah Anda tampak anggun dan berwibawa.

2. Batu Alam

Salah satu yang membuat rumah tersebut tampak unik, adem dan anggun karena memiliki bahan dasar batu alam. Sebenarnya batu alam merupakan batu kali yang sudah terbentuk, rapi dan berpola. Desain rumah tropis banyak yang terbuat dari batu alam.

Ada banyak jenis batu alam yang bisa jadi pilihan untuk membuat rumah tropis yang unik, anggun dan menyenangkan.

3. Bambu

Bambu merupakan bahan dasar untuk membuat rumah atau bangunan yang klasik. Sebagaimana sudah digunakan sejak ratusan tahun yang lalu. Anda bisa menggunakannya sebagai bahan dasar untuk membuat rumah tempat tinggal yang nyaman.

Anda bisa memodifikasi bambu ini sedemikian rupa sehingga menjadi furnitur rumah yang mewah. salah satunya adalah perangkat kursi dan meja yang terbuat dari bambu sehingga membuat nuansa rumah Anda tampak elegan, sederhana tapi tetap mewah.

4. Ijuk Atau Sabut Kelapa

Serabut kelapa atau biasa dikenal dengan ijuk. Ijuk merupakan bahan dasar untuk membuat atap pada gazebo yang tampak minimalis, indah dan mewah. Padahal, ijuk merupakan bahan yang tak banyak digunakan dan disia-siakan di desa. 

Tetapi oleh tangan-tangan kreatif dan ahli itu, bahan ini disulap menjadi bahan material untuk rumah tropis yang anggun.

Gambar Desain Rumah Tropis Minimalis

Ada beberapa desain rumah tropis minimalis yang bisa Anda jadikan inspirasi untuk membuat rumah yang nyaman, unik dan berbeda dengan rumah kebanyakan yang sudah ada. 

Inilah beberapa contoh rumah tropis yang bisa Anda adaptasi untuk rumah impian Anda:

  • Desain Rumah Kayu yang Mungil

  • Rumah Kayu yang Bergaya Jepang

  • Rumah Panggung Tropis Minimalis

Kesimpulan

Rumah dengan arsitektur tropis memiliki desain yang minimalis dan bahas khas alami yang ramah lingkungan. Desain rumah ini sangat cocok bagi Anda yang suka dengan sesuatu yang alami, unik tetapi tetap elegan dan menawan.


Posting Komentar untuk "Mengenal Arsitektur Tropis: Desain Rumah yang Anggun dan Menawan"