Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Volume Pondasi Batu Kali dengan Mudah

Salah satu jenis pondasi yang banyak digunakan oleh orang Indonesia ialah pondasi batu kali. Nah, di sini akan kami bahas mengenai cara menghitung volume pondasi batu kali dengan mudah. Dalam pembuatan pondasi kita perlu merancangnya dengan sebaik mungkin.

Dalam membuat suatu bangunan atau rumah, maka kita sangat dianjurkan untuk memperhatikan kekuatan dan kekokohannya. Salah satu faktor yang mempengaruhi kekuatan bangunan ialah dari kekuatan pondasi yang dibuat.

Analisa Harga dan Cara Perhitungan Pemasangan Pondasi Batu Kali

Membuat pondasi merupakan langkah awal yang perlu kita lakukan sebelum mendirikan rumah. Fungsi dari pondasi ialah sebagai titik kuat dari pondasi agar rumah tidak mudah roboh. Adapun untuk mengetahui biaya yang perlu kita persiapkan pada saat membuat pondasi batu kali, ialah:

1. Menghitung kebutuhan tenaga kerja

Adapun untuk membuat pondasi, kita membutuhkan banyak pekerja yang mana masing-masing pekerja memiliki tugasnya masing-masing, seperti:

Pekerja
Kepala tukang
Mandor
Tukang batu

2. Menghitung kebutuhan bahan

Sedangkan untuk bahan, kita membutuhkan beberapa bahan yang digunakan untuk membuat pondasi batu kali, seperti:

Pasir
Semen Portland
Batu belah

3. Menghitung pondasi batu kali tepi bangunan

Rumus untuk menghitung tepi bangunan yaitu:

Luas penampang = (0,6 m + 0,3 m) x 0,4 = 0,18 m2

4. Menghitung pondasi batu kali tengah bangunan

Sedangkan rumus yang digunakan untuk menghitung pondasi batu kali bagian tengah yaitu:

Luas penampang = (0,6 + 0,3/2) x 0,4 = 0,18 m2

Kelebihan dari Pondasi Batu Kali

Setelah kita mengetahui cara menghitung volume pondasi batu kali, kita juga perlu mengetahui beberapa kelebihan dari pondasi batu kali yang menyebabkan kita perlu memilihnya untuk pondasi rumah. Adapun beberapa kelebihannya yaitu:

1. Pemasangan yang fleksibel

Ukuran dari pondasi batu kali bisa disesuaikan dengan lebar dari bangunan sehingga akan lebih fleksibel. Pondasi jenis batu kali ini sangat mampu meminimalisir adanya ketidakakuratan serta memiliki daya topang yang bagus untuk bangunan.

2. Sederhana dan praktis

Kelebihan selanjutnya dari pondasi jenis batu kali yaitu prosesnya cukup sederhana dan praktis. tidak hanya sederhana dan praktis, penggunaan batu kali juga lebih hemat dibandingkan dengan jenis pondasi yang lainnya karena hanya membutuhkan bahan baku yang tidak terlalu banyak.

Pondasi jenis ini dikatakan praktis karena dalam pembuatannya kita tidak memerlukan penggunaan alat berat sehingga akan menekan biaya pengeluaran menjadi lebih terjangkau.

3. Menghemat waktu pengerjaan

Selain menghemat biaya, penggunaan pondasi batu kali ternyata bisa membuat kita untuk menghemat waktu pengerjaan. Hal ini karena pembuatannya yang sangat sederhana menjadikan kita tidak perlu memakan waktu yang lama untuk proses pembuatannya.

Jenis pondasi ini sangat cocok digunakan untuk kita yang tidak memiliki banyak biaya serta menginginkan selesai dalam waktu yang lebih cepat.

4. Tahan lama dan awet

Pondasi batu kali ini banyak digunakan karena dianggap awet dan tahan lama jika dibandingkan dengan pondasi lain. Jenis pondasi ini juga sangat efektif digunakan untuk membuat bangunan yang kuat dan kokoh.

Nah, itulah tadi beberapa cara menghitung volume pondasi batu kali serta kelebihan dari menggunakan pondasi batu kali. Bagi kita yang berniat membangun rumah maka kita bisa menggunakan jenis pondasi batu kali untuk bisa mempercepat pengerjaan, karena seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa proses pengerjaan dari membuat pondasi batu kali lebih sebentar dibandingkan dengan jenis pondasi yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Volume Pondasi Batu Kali dengan Mudah"